Rabu, 08 April 2009

Kamus Offline versi baru 2.04 akhirnya di rilis



Kamus 2.04

Setelah lebih dari satu setengah tahun tidak ada kabar versi baru program kamus, dan mungkin hampir tidak ada kemajuan, Alhamdulillah akhirnya bisa kembali mengupdate dan merilis versi baru Kamus 2.04. Ada beberapa tambahan dan update cukup penting untuk versi ini. Dan seperti sebelumnya, program ini tetap gratis (freeware).

Penasaran apa saja perbaikan dan tambahan di versi ini ? Silahkan dibaca selengkapnya.


kamus-204

Sebenarnya saya hanya ingin memperbaiki banyaknya definisi kata yang terpotong, sekaligus memperbaiki berbagai error atau bugs (kesalahan program) di versi 2.03. Tetapi ketika muncul ide baru, maka ingin menambahkan fitur yang berbeda dengan software sejenis lainnya, yang semoga semakin bermanfaat.

Perbaikan dan tambahan program Kamus versi 2.04 :

  • [+] Trackbar untuk mengubah setting transparansi
  • [+] Tambahan PopUp menu di icon aplikasi
  • [*] Perbaikan definisi kata yang banyak terpotong
  • [*] Perbaikan bahasa Inggris di help file
  • [*] Terjemah dari clipboard yang jauh lebih cepat ( sampai 5x-nya)
  • [+] Tambahan window History. Fiturnya adalah :
    • [+] Tampilan sederhana dan menarik
    • [+] Menampilkan daftar pencarian terakhir (maksimal 50 kata)
    • [+] Mengurutkan daftar kata
    • [+] Menampilkan definisi dengan menggerakkan mouse di kata yang diinginkan
    • [+] Otomatis menambahkan kata baru yang baru sedang dicari dan menampilkan definisinya
    • [+] Otomatis menempel di kiri/kanan layar
    • [+] Dapat berdiri sendiri ( menyembunyikan window utama)
  • [*] Beberapa perbaikan kecil lainnya

Salah satu fitur baru yang ada di versi ini adalah Window History. Window ini akan menampilkan daftar kata hasil pencarian terakhir, dengan tampilan yang simple. Untuk melihat definisinya tinggal mengarahkan mouse ke kata yang diinginkan. Jumlah yang ingin ditampilkan bisa diatur melalui menu Setting.

kamus-history

Selain itu, ketika window history tampil, window utama dapat disembunyikan, dan history juga akan tetap menampilkan kata-kata baru yang di copy secara otomatis dan menampilkan definisinya, tanpa window utama. Untuk mengakses menunya, klik kanan judul “History” yang ada bagian diatas window.

Fitur ini mungkin sebagai tahap uji coba, jadi mungkin masih ada kesalahan atau beberapa kekurangan. Selain fitur itu ada tambahan lainnya seperti trackbar untuk mengatur transparansi dan tambahan menu ketika klik kanan icon program kamus. Ada juga shortcut Ctrl+S untuk berpindah secara cepat dari tampilan normal, compact mode dan full compact mode

kamus-full-compact-mode

Untuk Perbaikan, yang paling utama adalah perbaikan definisi ratusan kata yang terpotong, perbaikan help file bahasa Inggris (masukan dari pengguna di luar Indonesia), proses terjemah dari clipboard ( ketika kita meng-copy kata ) yang jauh lebih cepat (sampai 5x lebih cepat) dan beberapa perbaikan kecil lainnya. Untuk fitur tambahan lainnya juga bisa melihat Help filenya.

Dukungan (support) dan donasi

Jika merasa bahwa program ini banyak membantu (sangat bermanfaat) silahkan jika ingin memberikan donasi (support) untuk pengembangannya. Bisa menggunakan paypal atau salah satu rekening berikut :

Paypal : payebta [ath] gmail [dot] com

BNI Syariah
No Rek. 0092104671
a/n : Ebta Setiawan

Bank Syariah Mandiri
No Rek. 0947022386
a/n : Ebta Setiawan

BCA
No Rek. 8610074694
a/n : Ebta Setiawan

Download Kamus 2.04 ( 2.7 MB)

Mirror Download ( tempat download dari lokasi lainnya )

Catatan

Silahkan bagi yang ingin menyertakan download kamus ini di website atau blog-nya sendiri asalkan tetap menyertakan link ebsoft dan tidak memberikan link download langsung ke file zip, tetapi dengan memberikan link download http://ebsoft.web.id/?dl=71. Bisa juga menempatkan file ini di server/hosting sendiri (terpisah), asal tetap menyertakan link ke ebsoft. Untuk hal-hal lain silahkan email ke ebta.setiawan [at] gmail [dot] com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar